Kamis, 14 September 2017

here!


Cara membuka Bar bagi pemula 


Membuka sebuah bar dapat menjadi bisnis yang sangat berisiko. Tapi dengan risiko yang besar biasanya akan mendatangkan hadiah yang besar. Untuk dapat menjadi pemilik bar yang sukses, terjunlah ke bisnis Anda dan tetap teratur. Rancang anggaran dan berpeganglah pada anggaran itu. Bersiaplah untuk bencana dan kerja lembur. Dan yang terpenting, jadilah orang yang ramah. Jika Anda ingin membuka bar, berikut merupakan beberapa langkah untuk membantu Anda. 


  1. 1
    Ketahuilah bahwa berada di bisnis bar memerlukan persaingan yang ketat.Anda akan bersaing dengan bar lain di daerah Anda, serta hiburan lain dan toko lainnya. Dulu ketika orang ingin minum, mereka harus pergi ke bar untuk mendapatkannya. Sekarang, orang dapat membeli alkohol di toko lokal di ujung jalan atau di supermarket tanpa repot-repot. Jadi, terlibat dalam bisnis bar bukanlah hal mudah. Dengan beberapa perkiraan, 3 dari 4 bar gagal pada tahun pertama mereka.[1]
  2. 2
    Bersiaplah untuk jadwal kerja yang berbeda-beda. Terutama di tahun pertama bar Anda, pemilik bar akan mengatur staff dan tutup hingga jam 4 atau 5 subuh. Setiap harinya, dan kembali lagi jam 11 di pagi hari. Hal ini dapat membawa beban ke kehidupan keluarga Anda; rundingkan dengan keluarga tentang bagaimana menjadi pemilik bar dapat mempengaruhi mereka.
  3. 3
    Cari izin minuman keras. Setiap lubang penyiraman bergantung pada minuman keras yang disimpan dengan baik; jika Anda tidak dapat menjual minuman keras untuk pelanggan Anda karena Anda tidak mempunyai izin minuman keras, oasis kecil Anda akan menjadi kering cukup cepat.
    • Izin minuman keras mungkin dapat cukup mahal. Di tempat seperti di amerika, izin minuman keras dapat seharga $400,000 hingga $1.5juta.[2] Izin minuman keras biasanya tidak semahal ini, tapi Anda tetap harus membayar cukup mahal untuk hak ini.
    • Ketika Anda sudah mendapatkan izinnya, pastikan Anda mendapatkan izin dari setempat, kota, negara dan pihak yang bersangkutan.
  4. 4
    Buat rencana bisnis yang jelas. Pahami kebijakan setempat, dan pelanggan yang hendak Anda tarik. Mempunyai rencana bisnis dapat membantu Anda mengamankan finansial Anda, yang mana akan sulit dibantu oleh bank.
    • Jika penduduk setempat mempunyai kebiasaan minuman yang minim, pertimbangkan untuk menyediakan makanan juga[1] hal ini dapat membantu di tempat dimana orang-orang tidak langsung berhenti sepulang kerja, atau di tempat dimana orang-orang pulang lebih awal pada malam hari.
    • Jangan berada di bawah modal. Banyak bar yang bangkrut karena mereka tidak mempunyai modal yang cukup. Idealnya, Anda membutuhkan satu tahun pengeluaran. Dan paling tidak, 4 hingga 6 bulan biaya sewa dan pengeluaran yang cukup sebelum memulai bisnis.

2
Memilih Lokasi dan Tema

  1. 1
    Cari lokasi yang tepat. Jangan menggunakan bar yang sudah ditutup. Bar itu pasti tutup karena ada suatu alasan. Cari tempat yang cocok. Lebih baik, cari tempat yang mempunyai populasi dewasa muda yang lebih ramai, yang – secara mengejutkan – nongkrong di bar. Semakin banyak bar/klub malam yang ada di sekitar, semakin banyak kompetisi yang akan Anda hadapi.
    • Ketika memilih lokasi untuk bar Anda, ingat hal ini:
      • Akses jalan raya adalah hal yang krusial jika Anda ingin menarik orang-orang yang berpindah kota.
      • Tempat parkir juga baik jika Anda berada di area orang-orang cenderung tidak suka berjalan.
      • Tempat yang mudah ditemukan di jalan juga tempat yang bagus. Dapat dikenali dari jalan adalah faktor penting untuk menarik pelanggan.[3]
  2. 2
    Pada umumnya, cari lokasi yang lebih dekat dengan kantor pelanggan dibandingkan rumahnya. Bukan rahasia lagi jika pelanggan yang tertekan dan lelah ingin mampir ke bar setelah hari yang melelahkan di kantor. Terutama selama hari kerja, berada di tengah-tengah hiruk pikuk komersial terbukti lebih menguntungkan dibanding di pinggiran kota.
  3. 3
    Pilih tema untuk bar Anda. Tema tidak harus selalu Anda tampilkan, tanpa keraguan tema. Tema yang halus dapat menjadi tema yang baik juga, selama Anda mempunyai faktor lain yang mendukung Anda. Tapi tema harus menceritakan tentang apa sebenarnya bar Anda. Jadi, apa tema Anda?
    • Bar di sekitar rumah. Disinilah Chuck dan teman-temannya berkumpul sepulang kerja pada hari rabu, dan mungkin bermain lempar dart atau bahkan cek tunai (ya, mungkin juga tidak.) Bar di sekitar rumah mungkin adalah jenis bar yang paling populer, dan juga sempurna untuk hiburan skala kecil.[4]
    • Bar olahraga. Disini dimana fans berat dan fans penasaran akan berkumpul untuk menyaksikan pertandingan pada hari minggu. Jangan lupa untuk menambahkan makanan di jenis bar ini, dan televisi yang dapat dilihat dari semua tempat duduk di bar.
    • Bar bir. Inilah tempat para peminum bir pergi untuk memperbaiki diri mereka. Anda mungkin akan memiliki banyak saingan disini, dan beberapa bar jenis ini bahkan membuat bir mereka sendiri. Bar ini memproduksi bir populer yang dapat bermanfaat untuk mereka dalam berbagai cara.
    • Bar spesialis. Tempat ini dimana Anda akan menemukan anggur atau minuman yang spesial. Bar spesialis baik mempunyai tema deko, seperti tema bajak laut, atau tema minuman keras, seperti rum – atau mereka menggabungkannya menjadi tema bajak lauk, bar rum yang menakjubkan.
  4. 4
    Jika Anda ingin mempunyai live music, pahami pelanggan yang ingin Anda dapatkan. Ada beberapa bar bertemakan country, blues, punk, rock, jazz dan lainnya. Menarik klien yang sama dengan jenis bar Anda adalah nilai tambah, bukan sebuah keharusan.
    • Bar anggur yang sepi mungkin butuh musik jazz atau piano.
    • Bar di sekitar rumah mungkin lebih cocok dengan kelompok rock atau komik.
    • Klub akan lebih baik dengan musik dansa yang semangat kedalam repetoar mereka.

3
Menyelesaikan Hal-Hal Penting

  1. 1
    Namai bar Anda. Hal ini lebih rumit dari yang Anda bayangkan, dan setiap hal kecil sama pentingnya dengan aspek lainnya dari bisnis Anda. Nama bar Anda akan menjadi iklan yang hidup, yang menjadi perwujudan tentang seluruh isi bar Anda. Pastikan nama bar Anda harus terhubung dengan pelanggan pada tingkat yang dalam, beritahu mereka apa bar Anda sebenarnya dan buat agar terkesan menarik di saat yang bersamaan.
    • Pastikan nama bar Anda mencerminkan tema Anda. Jika Anda adalah bar anggur modern, Anda mungkin tidak ingin mengambil nama “Warung Bill” – orang akan membayangkan bar Anda yang tidak mencerminkan bar Anda yang sesungguhnya.
    • Jangan takut untuk meneliti kemungkinan-kemungkinan. Habiskan waktu Anda untuk memikirkan jenis pelanggan apa yang ingin Anda tarik, dan nama apa yang kira-kira cocok untuk mereka. Jangan berhenti hingga Anda mendapatkan setidaknya tiga nama yang Anda sukai; kemudian, pilih dari tiga nama tersebut.
  2. 2
    Buat menu bar yang menarik. Jika Anda ingin menyajikan makanan atau koktil yang berkualitas, luangkan lebih pada racikannya; yang segar akan selalu lebih baik. Coba untuk membuat menu bar Anda sejalan dengan tema dari bar Anda, jika ada. Bar dengan tema meksiko akan sedikit aneh jika tidak mempunyai tequila, margaritas, atau cervezas.
    • Pertimbangkan membuat menu promo di jam tertentu. Pada akhirnya keuntungan Anda tidak akan terlalu tinggi, tetapi pelanggan pastinya akan bertambah, dan beberapa pelanggan akan mungkin bertahan setelah jam tertentu itu selesai.
  3. 3
    Kontrak dengan perusahaan hiburan untuk mesin yang dioperasikan dengan koin. Meja biliar, papan dart, dan layar sentuh atau permainan dingdong dapat menawarkan pengalihan kepada orang-orang ketika mereka minum. Pikirkan mengenai kotak musik (jukebox) dan mesin kembalian, terutama jika bar Anda dibentuk di lingkungan sekitar. Biasanya keuntungannya dibagi 50/50 dan biaya servisnya gratis.

4
Bersiap Untuk Pembukaan

  1. 1
    Panggil petugas setempat untuk membantu melihat propertinya dan tanyakan ke yang punya rumah untuk membenarkan semuanya sebelum Anda menandatangani surat kontrak sewanya. Anda akan berterima kasih nantinya. Ketika Anda selesai melakukan ini, minta departemen kesehatan untuk memeriksanya dan mintalah surat izinnya.
  2. 2
    Gunakan teman dan kenalan untuk membantu Anda dengan listrik, pipa, suara dan konstruksi. Beri mereka kesepakatan untuk mendapat minuman yang lebih murah selamanya. Mereka adalah teman Anda, dan Anda ingin mereka membawa teman mereka ke tempat Anda. Mulut ke mulut adalah hal yang sangat penting dalam bisnis ini.
  3. 3
    Iklankan pembukaan di akhir minggu. Singkirkan sejenak anggaran pemasaran. Terlibatlah dalam acara komunitas. Lakukan kampanye direct-mail dan gunakan media sosial. Pembukaan yang meriah akan membantu menciptakan gebrakan, dan gebrakan akan membantu menyebarkannya dari mulut ke mulut.
  4. 4
    Dapatkan produk promosional. Bekerjasamalah dengan minuman keras setempat dan distributor bir untuk menyediakan hadiah untuk pelanggan. Setiap orang senang mendapat sesuatu yang gratis, meskipun itu hanyalah baju murah.
  5. 5
    Buatlah Anda terlihat. Di awal terutama, pastikan Anda bekerja dengan shift di dapur, belakang bar dan di depan. Anda harus secara efektif mengawasi operasi bar Anda dan belajar bersamaan. Pelanggan juga suka melihat pemilik toko.
  • Periksa kepada siapa Anda menyewa tanah dan bagaimana bisnis mereka. Jika orang-orang berkata, ”Oh, mereka OK, hanya saja bukan yang terbaik”, jangan menandatangani kontrak. Mereka mungkin hanya memeras uang Anda dan tidak akan memperbaiki apapun. Ini akan mempengaruhi pelanggan, bisnis dan investasi Anda.
  • Awasi bartender dan pelayan Anda. Pastikan mereka tidak menyelipkan tangan mereka di saku Anda dan mereka tidak membeda-bedakan minuman untuk uang tip yang lebih. Ngomong-ngomong, mereka tidak akan membuat uang tip yang lebih dengan tabs yang murah.
  • Jangan terlibat dengan staff Anda. Ini dapat memakan biaya besar dalam jangka panjang.
  • Pisahkan bisnis dan aset personal Anda.
  • Jangan minum ketika sedang bekerja. Anda dapat terbawa dan hal-hal dapat berjatuhan.

Peringatan

  • Anda mungkin tidak akan menghasilkan uang sebanyak yang Anda bayangkan, setidaknya di masa-masa awal.
  • Anda harus paham segala sesuatu tentang bisnis dan mempunyai pengalaman.
  • Bukanlah hal baik yang membuat bisnis Anda, Hal buruklah yang menghancurkan bisnis Anda.
  • Pelanggan yang baik adalah pelanggan yang sulit datang dan mudah hilang. Pahami bagaimana mempertahankan mereka ketika Anda mendapatkan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar